Namun tersebut bukan hal yang mudah untuk dilakukan, mengingat virus Corona mudah menular dan begitu membahayakan ditambah kurangnya kesadaran diri para individu atau masyarakat pada umumnya. Berikut ini adalah 5 kunci yang diharapkan mampu membantu anda hidup sehat selama Pandemi Corona ini.

Tahun 2020, Negara Indonesia bahkan seluruh dunia terkena dampak pandemi virus corona yang akhirnya membatasi warganya untuk beraktivitas di luar rumah. Dan untuk memutus rantai persebaran virus Corona diterapkan beragam pembatasan mulai dari lockdown, lockdown lokal, PSBB, PSBB micro. Yang diharapkan mampu setiap orang mampu menghadapi tatanan normal baru meskipun pandemi Corona masih berlangsung.

  1. Belajar Mengelola Stress
    Dalam, hidup di tengah ketakutan terus menerus tentu bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Agar hal tersebut tidak terjadi, cobalah untuk menerima kondisi yang terjadi saat ini, yaitu memulai untuk hidup berdampingan dengan virus Corona. Mulailah untuk membiasakan perilaku kebiasaan baru dan selalu membaca informasi seputar COVID-19 dari portal berita yang valid.
  2. Menaati aturan
    Memasuki fase new normal, pemerintah sering mengeluarkan panduan protokol kesehatan. Misalnya, hindari kerumunan, wajib menggunakan masker di luar rumah, dan rajin mencuci tangan dengan sabun mandi atau membawa hand sanitizer kemanapun.
  3. Menjalin komunikasi
    Kurangi stress berlebih dengan tetap menjalin komunikasi secara online dengan orang terdekat untuk mengatasi rasa jenuh yang bisa menimbulkan stress. Pasalnya, manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial sehingga memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain.
  4. Menjaga kesehatan
    Oleh karena itu, semua orang disarankan untuk melakukan olahraga agar memiliki daya tahan tubuh yang baik. Jika belum terbiasa berolahraga sebelumnya, mulailah dengan olahraga ringan terlebih dahulu. Selain itu, perhatikan pula asupan makanan sehari-hari dana mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi tinggi.
  5. Tetap waspada
    Kemudian, jangan terlena untuk buru-buru pergi ke tempat umum terlebih dahulu jika tidak memiliki keperluan tertentu. Pasalnya, pandemi Corona masih berlangsung dan tempat umum bisa meningkatkan risiko penularan COVID-19. Jadi, jangan dulu bereuforia dalam memasuki fase normal baru dengan tetap waspada dan tidak panik. sumber 5 kunci pandemi corona

Cara mudah merawat wajah saat pandemi

Kita dituntut untuk selalu menggunakan masker yang ternyata bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri penyebab jerawat, milia, dan aneka masalah kulit wajah loh. Padahal di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal ini kita tidak bisa lepas dari masker dalam kegiatan sehari-hari. Dan bagaimana siapkan kita? Keringat, bakteri dan uap air dari napas kita semua bercampur di bawah masker dan menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab jerawat.

Cara yang tepat untuk menghindari dan mengobati adalah dengan langkah mudah berikut ini

  1. Rajin Bersihkan wajah
    Rajin dan Rutin melakukan pembersihan / mencuci wajah dengan gentle cleanser seperti, sabun sebu alami tanpa pewangi lembut. Langkah pertama sangat sederhana, tetapi Anda harus konsisten dengan jadwal pembersihan wajah ini.
  2. Gunakan krim pelindung kulit
    Sebagai alternatif, gunakan pelembab yang menenangkan tanpa aroma untuk kulit sensitif yang meningkatkan ketahanan kulit. Jika kulit Anda mulai terasa kering sepanjang hari dan Anda tidak dapat menggunakan kembali pelembab dengan mudah, merekomendasikan pelembab mengandung niacinamide untuk mendapatkan hidrasi.
  3. Hindari Make up atau lebih Minimalis
    Riasan cenderung menghalangi pori-pori, Menyederhanakan riasan Anda adalah elemen paling penting dalam perang melawan jerawat yang ditimbulkan oleh masker.
  4. Gunakan masker dengan serat ramah kulit
    Pilih bahan masker yang baik untuk kulit Anda. Sejumlah besar masker bermotif cantik mungkin tersedia, tetapi alih-alih membeli semata-mata karena estetika, lihat bahannya. Hindari serat sintetis, cari kapas dan serat alami seperti sutra yang tidak mengiritasi kulit. Dan sering mencuci masker setelah 3x pemakaian.
  5. Gunakan patch jerawat (pimple-patches)
    Jika Anda memang sudah berjerawat sebelum ada ketentuan harus bermasker, Gunakan pimple patch untuk menghentikan bakteri lebih lanjut yang bersentuhan dengan permukaan kulit sehat Anda lainnya.

Cara tepat untuk menghindari dan mengobati jerawat dengan rutin mencuci wajah dengan gentle cleanser seperti, sabun sebu alami tanpa pewangi, menggunakan skin barrier seperti, pelembab dan serum; gunakan pimple patch agar jerawat tidak menyebar sekaligus tetap diobati; gunakan make up ringan atau tanpa make up sama sekali agar terhindar dari penyumbatan pori, dan jaga kebersihan masker.

sumber : masker bikin jerawat

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *